Pengertian Jaringan Komputer

Menurut definisi, yang dimaksud dengan jaringan komputer ( computer networks ) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah autonmous. Dalam bahasa yang populer dapat di jelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer ( dan perangkat lain seperti printer,hub dan sebagainya) yang saling terhubung satu sama lain melalui medi prantara.
Media prantara ini bisa berupa media kabel ataupu media tanpa kabel ( Nirkabel ). Informasi berupa data akan mengalir dari satu komputer ke komputer lain atau dari suatu pragkat keperangkat yang lain, sehingga masing-masing komputer yang terhunbung tersebut bisa saling bertukar data atau berbagi perangkat keras.
    Untuk memudahkan atau memahami jaringan komputer, Para ahli kemudian membagi jaringan komputer beberapa klasifikasi, diantaranya;
  • Berdasarkan area atau skala
  • Berdasarkan media penghantar
  • Berdasarkan fungsi
Namun ada juga yang mengklasifikasikan jaringan komputer menjadi empat yaitu:
  • Berdasarkan area atau skala
  • Berdasarkan media penghantar
  • Berdasarkan fungsi
  • Berdasarkan metode access control
Mungkin juga ada yang mengklasifikasikan dengan cara berbeda. Perbedaan ini hanyalah masalah sudut pandang saja. Kita tak perlu mempersoalkanya.

a). Berdasarkan Area
Berdasarkan skala atau area, jaringan komputer dibagi terdiri dari 4 jenis yaitu ;
  • Local Area Network ( LAN )
  • Metropolitan Area Network ( MAN )
  • Wide Area Network ( WAN )
  • Internet

1.  LAN
   Local Area Network adalah jaringan lokal yang di buat pada area tertutup. Misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Kadangkala jaringan lokal bisa disebut jua jaringan privat.
LAN biasa di gunakan untuk jaringan kecil yang menggunakan resource bersama-sama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan penyimpanaan secara bersama.

2.  MAN
   Metropolitan Area Network Menggunakan metode saya sama dengan LAN namun daerah cakupanya lebih luas dibanding LAN. Daerah cakupan MAN bisa satu RW, beberapa kantor yang berada dalam komplek yang sama, satu kota, bahkan satu provinsi. Dapat di katakan MAN merupakan perkembangan dari LAN.

3. WAN
   Wide Area Network cakupanya lebih luas di daripada MAN. Cakupan WAN meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan, satu benua. Metode yang di gunakan WAN hampir sama dengan LAN dan MAN.

4.  Internet 
    Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di duni. Sehingga cakupanya sudah mencapai satu planet, bahkan tidak menutup kemungkinan mencakup antar planet.
Koneksi antar jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protokol yang khas, yaitu Internet Protocol.

b)  Berdasarkan Media Penghantar
Berdasarkan media penghantar, jaringan dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu ;
  • Wire Network
  • Wireless Network
1. Wire Network
   Wire Network adalah Jaringan Komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar.
Jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum nya di gunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan dasar tembaga. Ada dua jenis kabel lain menggunakan bahan sejenis  fiber optis atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak di gunaka pada LAN. Sedangkan MAN atu WAN menggunakan gabungan kabel tembaga dan serat optik.

2. Wireless Network
    Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio atau cahaya infared. Saat ini sudah semakin banyak outlet atau lokasi tertentu yang meyediakan layanan wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses Internet tanpa kabel . Frekuensi yang digunakaan pada radio untuk jaringan komputer biasanya menggunakan frekuensi tinggi yaitu, 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Sedangkan pengunaan infared umumnya hanya terbatas untuk jenis jaringan yang hanya melibatkan dua buah komputer saja atau bisa di sebut poin to point.
Hal ini menyebabkan infared tidak sepopuler gelombang radio.

c)  Berdasarkan fungsi
    Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu ;

1.  Clien Server
   Clien server adalah jaringan komputer yang salah satu ( boleh lebih ) komputer di fungsikan sebagai server atau induk bagi komputer lain. Server melayani komputer lain yang di sebut client.
Layanan yang di berikan bisa berupa akses WEB, e-mail, file atau yang lain.
Client server banyak di pakai internet. Namun LAN atau jaringan lain pun bisa mengimpletasikan client server. Hal ini sangat bergantung pada kebutuhan masing-masing.

2.  Peer to peer
   Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana  setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan acces dari/ke komputer kain. Peer to peer banyak di implementasikan pada LAN. walapun dapat juga di implementasikan pada MAN, WAN, atau internet, namun hal ini kurang lazim. Salah satu alasanya adalah masalah manajemen dan security. Sulit sekali menjaga security pada jaringan peer to peer manakala pengguna komputer sudah sangat banyak.
   
Bagi kalian yang sering atau sukanya copy paste silahkan cantum kan linknya, terimakasih
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Deevro
admin
9 September 2015 at 16:20 ×

#Hacker Blitar™..
#Blog Deevro™

Congrats bro Deevro you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

01. Silahkan bertanya sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
02. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
03. Diusahakan berkomentar centang "Beri tahu saya / Notify me"
04. Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
05. Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profoka
06. Alasan komentar anda tidak terjawab adalah OOT atau diluar kemampuan Admin. Perlu di ingat! Saya juga manusia biasa seperti Anda yang ada keterbatasan pengetahuan. ConversionConversion EmoticonEmoticon