Pengertian Codeigniter

Framework adalah suatu kerangka kerja yang berupa sekumpulan folder yang memuat file-file php yang menyediakan class libraries, helpers, plugins dan lainnya . Framework menyediakan konfigurasi dan teknik coding tertentu, yang berupa perintah/fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks.
CI (Code Igniter) adalah framework PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk PHP coders yang membutuhkan toolkit yang sederhana dan elegan untuk membuat fitur lengkap aplikasi web. CI bertujuan untuk membatu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat dibandingkan dengan membuat aplikasi dari awal dengan menyediakan library yang umum digunakan untuk pekerjaan tertentu.

Sejarah CodeIgniter
Pada awalnya CI (Code Igniter) ditulis oleh mas Rick Ellis, pendiri dan CEO EllisLab.com, perusahaan yang mengembangkan code igniter. Saat ini, code igniter dikembangkan oleh komunitas dan disebarkan ke seluruh dunia dengan lisensi bebas. Code Igniter tergolong framework dengan ukuran kecil dan cukup mudah di kuasai. CI juga datang dengan manual yang tergolong lengkap.
Kelebihan CodeIgniter :
1. Framework CI dikembangkan dengan platform PHP, dimana aplikasi web dominal dibuat dengan PHP sehingga dukungan sangat mudah didapat  dari berbagai komunitas pemakai.
2. Plugin dan Libraries sangat banyak
3. Kemampuan menerapkan konsep OOP dengan pattern MVC
Kekurangan CodeIgniter :
1. Editor khusus CodeIgniter belum ada, sehingga dalam melakukan create project dan modul-modulnya sedikit melelahkan, karena pindah-pindah folder.
2. Framework CodeIgniter adalah open-source alias gratis, sehingga perlu sedikit memodifikasi (oprek-oprek) supaya tamu tak di-undang tidak dapat masuk.
Struktur Flow CodeIgniter
Struktur flowchart
Keterangan : index (menangani semuafile php yang direquest) kemudian routing menangani semua filenya mau kemana yang kemudian security mengecek lagi, lalu setelah di cek maka akan masuk ke application controller yang akan mengakses ke database kemudian akan dipilih tampilan-tampilan yang dicari.
Previous
Next Post »

01. Silahkan bertanya sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
02. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
03. Diusahakan berkomentar centang "Beri tahu saya / Notify me"
04. Dilarang Menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktiv, dsb.
05. Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politic, Profoka
06. Alasan komentar anda tidak terjawab adalah OOT atau diluar kemampuan Admin. Perlu di ingat! Saya juga manusia biasa seperti Anda yang ada keterbatasan pengetahuan. ConversionConversion EmoticonEmoticon